Home » , » 7 Gejala Serangan Jantung Pada Pria Di Bawah Usia 40 Tahun Yang Perlu Diwaspadai

7 Gejala Serangan Jantung Pada Pria Di Bawah Usia 40 Tahun Yang Perlu Diwaspadai

Gejala serangan jantung pada pria di bawah usia 40 tahun atau kategori muda bisa saja terjadi secara spontan. Dalam bahasa kedokteran hal ini dikenal dengan miokard infarction, tahapannya tidak terlalu intens ataupun jelas, karena seseorang bisa saja secara tiba-tiba mengalami nyeri dada yang sangat parah.

Penyumbatan tiba-tiba pada arteri yang memasok darah atau oksigen ke jantung bisa menyebabkan otot jantung mengalami luka.

Konsekuensi dari cedera ini dapat dirasakan dalam bentuk tekanan pada jantung dan oleh sebab itulah nyeri dada yang hebat akan terasa .

Jika proses ini tidak terbalik dalam 20 menit, maka akan memicu kematian otot jantung. Kondisi yang berlaku bisa berakibat fatal atau bisa mengakibatkan luka pada otot jantung.

Telah terbukti secara medis bahwa pria lebih rentan terhadap serangan jantung dibandingkan dengan wanita. Ini bisa disebabkan karena gaya hidup yang super sibuk dan menyebabkan kelelahan ekstrim, dan resiko ini juga mengintai pada pria di bawah 40 tahun.


gejala_serangan_jantung_pada_pria


Ciri Penyakit Jantung Di Usia Muda

Karena kondisi dan gaya hidup yang berubah maka pria berusia di atas 20 tahun tidak diragukan lagi memiliki resiko terkena serangan jantung sebagaimana halnya dengan pria yang lebih tua.

Menurut suatu survei statistik, hampir 10% serangan jantung yang didiagnosis ditemukan pada pria di bawah usia 40 tahun.

Tapi, tidak seperti orang tua, para individu muda tidak dapat mengenali gejala serangan jantung. Jadi, terlepas dari penyebabnya, sangat penting untuk mengidentifikasi beberapa gejala umum yang terkait dengan serangan jantung.

Beberapa gejala tersebut yaitu:

  • Rasa sakit yang parah secara tiba-tiba keluar dari daerah dada yang biasa disebut angina. Nyeri dada bisa dirasakan sebagai tekanan pada dada, sakit kencang, atau tiba-tiba terasa berat di daerah dada. 


  • Rasa sakit di bagian atas tubuh juga terkait dengan serangan jantung. Rasa sakit ini bisa dengan mudah dirasakan di bahu, lengan, rahang, punggung, gigi dan juga di daerah leher.


  • Bagian hati terasa seperti terbakar dan terasa sangat sakit, meski hal itu bisa saja terkait dengan masalah umum lainnya seperti masalah pada perut atau pencernaan, tapi tidak bisa diabaikan karena bisa juga terkait dengan serangan jantung.


  • Tekanan napas menjadi sesak dan nafas menjadi pendek secara tiba-tiba sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada dada. Penderita biasanya menderita gangguan pernapasan yang tak terduga.


  • Sakit kepala parah dan kegelisahan yang disertai pusing adalah gejala utama serangan jantung pada pria di bawah usia 40 tahun.


  • Merasa mual dan berkeringat dengan kulit dingin yang mungkin terjadi karena penurunan tekanan darah.


  • Muntah, ini tidak terkait langsung dengan serangan jantung pada pria namun tetap tidak bisa diabaikan.


Semua gejala ini bisa bervariasi tergantung kondisi dan kesehatan individu yang mengalami serangan jantung. Itulah beberapa gejala serangan jantung pada pria yang berusia muda. Semoga bisa menambah kewaspadaan dan pengetahuan anda.