Home » » 11 Jenis Makanan Sehat Untuk Jantung Anda

11 Jenis Makanan Sehat Untuk Jantung Anda

Makanan sehat untuk jantung ternyata mudah didapatkan lho. Selain itu, mengkonsumsinya juga bisa menurunkan tekanan darah dan juga mengontrol kadar kolesterol anda. Jadi beberapa jenis makanan ini bisa dipertimbangkan untuk dimasukkan kedalam daftar belanjaan.

Makanan Yang Menyehatkan Jantung


Berikut ini adalah 11 makanan yang dapat menyehatkan jantung anda:

1. Yoghurt atau Susu Tanpa Lemak Atau Berkadar Lemak Rendah

Susu untuk penyakit jantung harus dengan jenis tanpa lemak ataupun memiliki sedikit kandungan lemak. Produk susu seperti yoghurt memiliki kandungan kalium (K) yang mampu menurunkan tekanan darah anda.

yoghurt


Jangan memilih susu dengan persentase lemak yang tinggi karena itu dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jadi susu bisa dijadikan pedamping pada menu makanan sehat untuk penderita jantung.

2. Ikan Salmon

Rahasia ikan ini dapat dijadikan dalam aneka resep masakan untuk penderita jantung adalah kandungan asam lemak Omega-3. Asam lemak ini memiliki kemampuan sebagai anti penyumbatan sehingga aliran darah dalam pembuluh tetap lancar.

ikan salmon



Selain itu, zat ini juga dapat menurunkan level trigeliserida sebagai pemicu penyakit jantung itu sendiri.

Cobalah untuk mengkonsumsi sekitar 3.5 ons ikan ini dua kali dalam seminggu.

3. Kenari

Sama halnya seperti ikan salmon, kacang kenari juga memiliki banyak kandungan lemak omega-3 walaupun jenisnya berbeda. Jadi, makanan ini akan membantu untuk menurunkan tingkat kolesterol 'jahat' LDL dan menaikkan kandungan kolesterol 'baik' HDL.



Kacang kenari


Mengkonsumsi 5 ons kacang kenari dalam setiap minggu dapat menurunkan tingkat resiko penyakit jantung sampai 50%.

4. Raspberries

Ini adalah jenis buah bagi penderita jantung.  Beberapa pilihan lainnya adalah:

  • Stroberi
  • Blueberries
  • Blackberries

Buah ini dapat dijadikan pendamping dalam resep makanan untuk penyakit jantung. Kandungan polifenol sebagai anti oksidan akan mengurangi kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas dalam tubuh anda.


Blueberries


Selain itu, buah-buahan untuk mengobati penyakit jantung ini juga mengandung vitamin C dan serat yang dapat menurunkan resiko stroke.

Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan ini secara langsung ataupun sebagai resep jus untuk kesehatan jantung.

5. Kacang-kacangan

Jangan remehkan makanan yang satu ini. Buncis beserta kacang-kacangan lainnya merupakan sumber dari serat yang dapat larut dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh anda.

Jadi ini adalah makanan sehat untuk jantung dan kolesterol dan bisa anda jadikan sebagai resep makanan diet jantung.

Sebagai tips, jika anda membelinya dalam kemasan kalengan, bacalah dengan teliti sebelum membeli. Pilihlah produk tanpa tambahan sodium ataupun garam karena zat ini dapat meningkatkan tekanan darah.


kacang-kacangan


Namun jika anda sudah terlanjur membelinya, jangan khawatir, anda tinggal mencuci saja dengan air untuk menghilangkan kandungan garam tersebut. Kemudian anda bisa menjadikannya bahan dalam aneka resep makanan untuk penderita jantung.

6. Havermut

Havermut memiliki kandungan serat yang disebut dengan beta-glucan.  Hanya dengan mengkonsumsi satu setengah cangkir havermut setiap hari maka akan membantu anda untuk mencukupi kebutuhan serat harian. Kandungan beta-glucan akan mengurangi level kolesterol jahat di dalam tubuh.


havermut


Beta-glucan ini juga terdapat pada jamur shiitake dan rumput laut sehingga menjadikannya sebagai makanan yang baik untuk penyakit jantung.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal selama berabad-abad di kawasan mediterania dan digunakan dalam metode tradisional untuk diet. Cara memasak makanan untuk penderita jantung sebaiknya menggunakan minyak ini, karena akan menggantikan lemak jenuh yang biasanya banyak terdapat pada daging, mentega ataupun susu.


minyak zaitun


Lemak-lemak dari hewan merupakan pantangan bagi penyakit jantung karena dapat menumpuk dan menyumbat pembuluh darah.

Sebagai alternatif anda juga dapat menggunakan minyak canola dan safflower.

8. Dark Chocolate (70 % Coklat)

Buah coklat kaya akan flavanols yang dapat membantu kelancaran sirkulasi darah dan menghindari penyumbatan arteri. Selain itu, zat ini dapat berperan sebagai anti oksidan yang akan membantu menghilangkan kolesterol LDL agar tidak menggumpal pada saluran pembuluh darah.


Dark Chocolate (70 % Coklat)


Karena gula dapat meningkatkan penyakit jantung, maka pilihlah produk dark chocolate karena memiliki kandungan gula rendah dan flavanols yang lebih tinggi.

9. Buah Alpukat

Di samping rasanya yang lezat, buah ini juga dapat digunakan dalam terapi jus untuk penyakit jantung.

Teksturnya yang lembut dan juga 'creamy' adalah bentuk dari lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh anda. Alpukat juga memiliki efek anti-inflamasi yang berfungsi untuk mencegah peradangan kronis pada dinding arteri yang disebut dengan atherosclerosis.


buah alpukat


Sebagai makanan untuk penderita jantung dan kolesetrol, alpukat bisa anda gunakan ketika membuat salad ataupun mengoleskannya pada makanan lain sebagai pengganti mentega.

Namun, alpukat juga memiliki nilai kalori yang cukup tinggi. Walaupun rasanya sangat enak, namun pastikan anda mengkonsumsinya dalam porsi yang rendah.

10. Mentega Almond Alami

Mentega almond adalah sumber lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Dibandingkan dengan mentega biasa, tentu saja mentega dari kacang ini lebih baik digunakan sebagai teman untuk roti.


mentega almond alami


Gunakan mentega almond yang alami dan hindari penggunaan gula, garam ataupun lemak jenuh yang biasanya terdapat dalam bentuk mentega kacang pabrikan lainnya.

11. Buah Anggur Merah

Buah ini memang sudah memiliki rasa yang lezat dan juga menyegarkan. Tidak cukup sampai disitu, kandungan resveratrol yang terdapat di dalamnya juga akan membantu untuk menjaga trombosit di dalam darah agar tetatp saling menempel.

buah anggur merah



Itulah sebelas makanan sehat untuk jantung anda. Untuk memperoleh kesehatan tidak harus selalu dengan cara yang mahal, bahkan makanan yang mahal juga justru bisa membawa berbagai penyakit ke dalam tubuh. Jadi, hindarilah makanan yang tidak baik untuk jantung anda.

0 komentar:

Posting Komentar