Home » , , , » 10 Makanan Sehat Untuk Jantung Berdebar

10 Makanan Sehat Untuk Jantung Berdebar

Makanan sehat untuk jantung berdebar diperlukan bagi anda yang mengalami palpitasi. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Pernahkah anda merasa saat di mana jantung anda tidak berdetak sebagai mana mestinya atau anda seperti kesultan menarik nafas? Anda menyadari seperti merasa ada sesuatu yang tidak beres di dada anda. Mungkin saja anda mengalami palpitasi jantung

Gejala ini terjadi sebagai tanda tubuh mengalami kekurangan mineral tertentu, selain dari dua ciri lainnya yaitu kejang otot dan juga kabut otak, namun keduanya tidak ada hubungannya dengan fibromyalgia.


detak jantung


Jantung berdebar-debar bisa menimbulkan perasaan aneh,dan juga bisa berefek pada leher, tenggorokan dan dada. Terkadang muncul satu dua kali seperti hentakan, detakan jantung menjadi lebih keras atau lebih cepat bila dibandingkan dalam keadaan normal, yang jelas ini memberikan perasaan yang tidak nyaman.

Seringkali palpitasi ringan bisa berhenti dan sembuh sendiri dengan cepat.

Jantung Berdebar Sebagai Tanda Kekurangan Mineral


Palpitasi mengindikasikan bahwa tubuh mengalami defisit mineral yaitu Kalium (K). Kebanyakan orang memang tidak dapat memenuhi kebutuhan akan mineral ini dalam tubuhnya, mereka hanya mampu memenuhi 50% saja dari jumlah total yang dibutuhkan.

Ketika palpitasi diperiksa di rumah sakit, kebanyakan hasil diagnosisnya menyatakan kekurangan kalium.

Jumlah kalium yang dibutuhkan tubuh per harinya adalah 3,500 - 4700 mg, dan ini berasal dari makanan.

Bagaimana dengan konsumsi suplement multivitamin, apakah bisa menambah kekurangan kalium tersebut?

Sayang sekali, Kalium bukanlah termasuk vitamin. Walaupun ada kandungannya dalam multivitamin tersebut, namun jumlahnya jauh dari kata mencukupi karena sangat kecil.

Namun, jangan khawatir beberapa makanan di bawah ini dapat mensuplai kalium yang diperlukan dalam tubuh anda.

Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Kalium Dalam Tubuh Dan Mencegah Jantung Berdebar-debar


Sepuluh makanan yang mudah didapatkan berikut ini dapat membantu mengatasi jumlah kalium yang rendah dalam darah, jadi makanan ini bisa digunakan sebagai bahan makanan bersamaan dengan menu lainnya.


  1. Brokoli
  2. Jeruk
  3. Ubi jalar
  4. Bit hijau
  5. Yoghurt
  6. Ikan
  7. Kacang polong
  8. Buah kering
  9. Tomat
  10. Pisang

Bagaimana, mudah bukan memperoleh bahan makanan tersebut?

Jangan Berlebihan Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Kalium

Memang segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitupula halnya jika anda mengkonsumsi terlalu banyak kalium bisa menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa yang disebut dengan hyperkalemia atau high blood pressure. Gejalanya adalah  seperti serangan jantung yang mendadak  dan abnormal sehingga harus secepatnya mendapatkan perawatan gawat darurat.

Jantung berdebar-debar, walaupun kebanyakan bukanlah masalah medis yang serius dan bisa normal dengan sendirinya, namun bisa juga sebagai pertanda bahwa anda mengalami penyakit lainnya seperti misalnya penyakit jantung.

Jadi meskipun anda jarang mengalaminya, anda tetap disarankan untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter.

Beberapa kondisi yang lainnya seperti rasa cemas yang berlebihan, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, olahraga yang terlalu berlebihan, atau bahkan pengaruh dari obat-obatan lainnya yang anda konsumsi juga bisa mengakibatkan palpitasi. Dengan demikian dokter akan mengetahui darimana sebenarnya sumber palpitasi tersebut.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung berdebar maka akan membantu anda untuk meredakan palpitasi sehingga anda bisa merasa lega dan beraktivitas normal seperti biasanya.

0 komentar:

Posting Komentar