Home » , , , » 10 Cara Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke Dengan Mudah Dan Efektif

10 Cara Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke Dengan Mudah Dan Efektif

Penyebab Penyakit Jantung 

Terdapat beberapa cara mencegah penyakit jantung dan stroke (atau untuk seluruh penyakit kardiovaskular) dan jika anda mau melakukannya, berarti anda telah membuat pilihan cerdas yang berarti dalam hidup anda dan orang-orang yang anda sayangi.

Siapapun anda, pada usia berapapun, bisa mendapatkan keuntungan dari langkah sederhana untuk menjaga kesehatan jantung selama beberapa dekade.

Kurangnya olahraga karena kesibukan bekerja ataupun malas, rutinitas pola makan yang buruk dan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat lainnya tanpa disadari telah mengurangi kesempatan untuk dapat hidup lebih lama karena berpotensi menyebabkan penyakit jantung dan stroke.


jantung


Jadi inilah sepuluh tips yang dapat anda lakukan:

1. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Atas Kesehatan Anda

Pencegahan terbaik yang dapat dilakukan terhadap penyakit jantung adalah dengan memahami tingkat resiko dan pemilihan pengobatan yang tepat.

Misalnya jika anda menderita penyakit diabetes maka resiko tersebut anda bisa saja meningkat secara signifikan. Jadi perlu diketahui resiko terbesar itu adalah karena ketidaktahuan atau kesalahan informasi. Oleh karenanya, langkah pertama yang terpenting yang harus anda ambil adalah bertanggung jawab atas kesehatan diri anda sendiri.

Sebagai informasi, penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat dan dengan sekitar 34% kematian terjadi secara mendadak atau prematur.

Kemudian, angka ini turun dari 40% dalam kurun waktu empat dekade yang lalu dan ini disebabkan karena pengobatan terhadap faktor resiko umum yang telah berhasil dilakukan dengan efektif.

2. Ketahui Tingkat Resiko Berdasarkan Faktor-faktor Yang Terkait

Faktor risiko yang paling berpengaruh terhadap penyakit kardiovaskular adalah usia. Jadi, semakin tua anda maka semakin besar pula resiko yang anda hadapi.

Hal yang kedua adalah dari segi genetik. Riwayat keluarga anda di sini bisa menjadi petunjuk penting.

Jika orang tua, nenek, kakek, atau bahkan saudara perempuan anda ada yang menderita atau meninggal terkait karena penyakit jantung, penyakit diabetes atau stroke, maka kemungkinan persentase resiko anda terkena penyakit yang serupa akan jauh lebih besar.

3. Jangan Merokok

Jika saat ini anda seorang perokok, maka demi kesehatan anda dan orang-orang di sekitar anda, maka berhentilah segera.


jangan merokok


Buktinya sangat banyak bahwa perokok aktif maupun pasif  bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, penyakit paru-paru, termasuk juga penyakit vaskular perifer dan juga stroke. Mengerikan ya!.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi, dikenal sebagai silent killer. Serangan bisa terjadi tanpa gejala pada kebanyakan orang dan bisa fatal akibatnya.

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan keausan pada area lapisan di dalam pembuluh darah yang sangat halus. Tekanan darah yang semakin tinggi mengakibatkan resiko yang semakin besar.


cek tekanan darah


Resiko ini mulai meningkat pada tekanan darah 115/70 mmHg dan bahayanya terus meningkat dua kali lipat untuk setiap kenaikan 10 mmHg dalam jumlah sistolik (yaitu jumlah yang lebih besar) dan peningkatan 5 mmHg pada diastolik (yaitu jumlah yang lebih kecil).

Selain itu, faktor keturunan dan bertambahnya usia bisa meningkatkan resiko untuk hal ini. Periksalah secara berkala tekanan darah anda.

5. Memeriksa Kadar Kolesterol

Lemak darah yang tidak normal atau tinggi  merupakan penyumbang utama penyakit kardiovaskular. Lipid pada darah anda ini termasuk LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik) dan trigliserida.

Semakin rendah LDL dan semakin tinggi HDL maka semakin baik pula prognosis Anda. Jumlah kolesterol dalam darah ditentukan oleh tiga faktor utama, yaitu:
  • Total jumlah yang dihasilkan oleh hati (sebagian besar bersifat genetik), 
  • Total jumlah yang diserap dari saluran usus (beberapa berasal dari makanan yang anda konsumsi, tetapi ini lebih banyak dari kolesterol yang dihasilkan oleh hati dan kemudian akan diekskresikan ke dalam saluran pencernaan) 
  • Usia, jumlah kolesterol dapat meningkat seiring dengan bertambahnya usia.
Jika anda memiliki resiko tinggi, pengobatan hampir selalu diperlukan untuk segera menurunkan LDL atau meningkatkan HDL.

Hindari mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi dan tidak sehat.

makanan berkolesterol tinggi


Rasio ideal dari kolesterol total dibagi oleh kolesterol HDL adalah 3,0. Nah, jika hasilnya lebih tinggi, anda mungkin memerlukan program diet khusus sebagai terapi.

Namun, masalah yang kerap terjadi ketika melakukan diet adalah bahwa secara umum tindakan ini hanya mampu menurunkan kolesterol dalam darah dengan total hanya sekitar 10% saja. Jadi memang sedikit sekali.

Selain itu, bila anda memiliki riwayat keluarga yang kuat terhadap peningkatan Lp (a) atau diartikan sebagai kolesterol abnormal yang langka dan dapat meningkatkan resiko, maka terapi dengan obat-obatan biasanya akan diperlukan.

6. Kontrol Jumlah Kalori Di Tubuh Anda

Jika dulu ciri-ciri orang sukses dikatakan dengan perut yang buncit karena makmur, maka hilangkan sudah persepsi seperti itu.

Tingkat obesitas terutama di masyarakat perkotaan semakin mengkhawatirkan dan berkontribusi pada penyebaran diabetes. Jika anda menderita penyakit diabetes maka ini resikonya sama dengan seseorang yang sudah terkena serangan jantung.

Obesitas ini disebabkan karena seseorang mengkonsumsi lebih banyak kalori dan jumlahnya tidak sebanding dengan yang dibakar oleh tubuh. Obesitas perut adalah resiko utama yang banyak di alami saat ini.

Hal ini disebabkan karena ukuran porsi dan jumlah gula yang terkandung dalam makanan semakin meningkat selama beberapa dekade terakhir.

Oleh sebab itu, lebih baik menggunakan metode kontrol porsi sebelum anda mulai makan dan ingat berhentilah makan sebelum kenyang.

7. Jadikan Olahraga Sebagai Rutinitas

Kurangnya berolahraga berkontribusi terhadap tingginya angka obesitas. Studi menunjukkan bahwa berjalan sejauh 2 mil sehari dapat memberikan efek optimal untuk kesehatan secara keseluruhan, dan mudahnya lagi adalah perjalanan sejauh 2 mil itu tidak harus dilakukan sekaligus. Anda bisa melakukannya bertahap.

olahraga

Olahraga itu tidak hanya sekedar membakar kalori saja.

Olahraga juga ternyata bisa mengaktifkan gen yang bermanfaat bagi kesehatan dengan cara lain. Sebagai sisi positif lainnya, olahraga juga adalah salah satu perawatan atau tindakan terbaik untuk mengatasi depresi dan kecemasan.

Namun, olahraga saja tidak bisa mengendalikan atau mengurangi berat badan anda jika anda mengalami overweight. Jadi, anda juga harus memodifikasi diet untuk memperoleh hasil yang maksimal sebagai program bantuan.

8. Hindari Stress

Tahukah anda jika stress ternyata berkontribusi besar pada penyakit kardiovaskular. Jika semakin parah, stress bahkan dapat menyebabkan serangan jantung atau kematian mendadak. Mengerikan juga ya.

Tapi jangan khawatir, terdapat banyak pilihan di luar sana yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi tingkat stres seperti olahraga teratur, tidur yang cukup, berlibur bersama keluarga, tertawa, menjadi relawan atau menghadiri ibadah keagamaan dan lain sebagainya.

Menurut penelitian, menonton TV pada umumnya tidak meringankan stress, bahkan bisa saja malah memperparah stress. Selain itu, usahakan untuk menghindari situasi dan jangan berdekatan orang-orang yang bisa membuat anda cemas atau marah.

9. Pilih Makanan Sehat Untuk Jantung anda


Pilihlah makanan sehat untuk jantung yang rendah lemak jenuh, lemak trans, dan Natrium.

Makanlah buah dan sayuran, biji-bijian yang kaya serat, ikan (pilihlah ikan berminyak yang mengandung omega-3, konsumsi setidaknya dua kali per minggu, misalnya ikan salmon), kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, kacang polong atau buncis serta cobalah untuk makan beberapa kali tanpa daging demi kesehatan anda.

Konsumsi produk susu rendah lemak dan juga daging unggas (tanpa kulitnya, karena pada bagian ini banyak kandungan kolesterol). Anda bisa membatasi minuman manis dan juga daging merah. Selain itu, jika memang anda benar-benar memilih untuk memakan daging maka sebisa mungkin pilihlah potongan yang paling ramping.

10. Tetap Mengikuti Perkembangan Informasi Penyakit Jantung Atau Stroke

Berbagai teknik baru dan wawasan dalam pengobatan penyakit kardiovaskular terus berkembang. Namun, sebaiknya anda jangan langsung percaya pada setiap bagian dari informasi ilmiah yang anda temukan di berbagai media atau iklan yang beredar.

Tahukah anda bahwa sejumlah besar penelitian-penelitian yang dijadikan publikasi ilmiah tersebut bisa saja kurang dirancang dan mungkin menghasilkan data yang tidak representatif, misalnya karena kurangnya jumlah peserta yang cukup dan waktu penelitian yang dipersingkat karena keperluan bisnis.

Ingatlah bahwa di luar sana banyak penelitian-penelitian yang hanya dibiayai atau disponsori oleh segelintir individu atau perusahaan yang memiliki kepentingan untuk memperoleh hasil yang menguntungkan.

Hasilnya adalah situasi bisa sangat membingungkan saat kesimpulan dari studi ilmiah memberikan hasil yang berbeda atau bahkan bertentangan, dan ini sering terjadi.

Jadi periksakanlah jantung anda pada lembaga terpercaya dan orang-orang atau dokter yang benar-benar kompeten di bidangnya.


Itulah 10 cara mencegah penyakit jantung dan stroke yang bisa dengan mudah anda lakukan dan tentu saja efektif. Semoga bisa membantu memberikan informasi yang anda perlukan dan kami harap anda selalu dalam keadaan sehat wal'afiat.

0 komentar:

Posting Komentar